Kartun pada Kemasan

Posted on Updated on

Dari Jurnal Dimensi, FSRD Usakti

KARAKTER KARTUN PADA KEMASAN MAKANAN RINGAN

Elda Fransia (Dosen PS DKV FSRD Usakti)

Abstract

Cartoon Character on Snacks’ Packaging. Snacks’ packaging in the market nowadays use cartoon character as an image element for the packaging. The cartoon character chosen in the snacks’ packaging for 5-12 year olds tend to adopt familiar character form to the children, because they are relativelyopen to relatively characters. The cartoon character is developed from a fable character that has good specific characteristics such as strong, brave, smart and visually attractive. Colours are also related to the character’s personality and most colours that are used are prime colous such as red, yellow and blue. A snak’s packaging for children will have a better probability in succeding if it uses eyescatching colours and a character that is acceptable and familiar to the children. As for the parents , the snack’s packaging has to reflect and represent a healthy snack for the children.

Keywords: packaging, cartoon character, children.

Abstrak

Karakter Kartun pada Kemasan Makanan Ringan. Kemasan makanan ringan yang dijual saat ini banyak menggunakan karakter kartun sebagai unsur image pada kemasan. Pemilihan karakter kartun pada kemasan makanan ringan untuk anak-anak usia 5-12 tahun cenderung mengambil bentuk atau tokoh yang dekat dengan anak-anak. Hal ini sesuai dengan pendekatan psikologi anak yang lebih mudah menerima sosok yang sudah akrab dan tidak asing bagi mereka. Karakter kartun ini sering kali merupakan pengembangan dari tokoh-tokoh hewan yang mempunyai sifat-sifat baik, seperti kuat, gagah, berani, tangkas, cerdas dan menarik untuk divisualisasikan. Warna-warna yang digunakan pun juga disesuaikan dengan sifat dan karakter tersebut dan banyak menggunakan warna-warna primer yang mudah tertangkap oleh mata seperti merah, kuning dan biru. Desain suatu kemasan makanan ringan untuk anak-anak akan lebih berhasil apabila menggunakan warna-warna primer dan karakter yang disukai oleh anak-anak. Sedangkan bagi orang tua, kemasan makanan ringan tersebut harus pula mencerminkan makanan yang sehat untuk anak-anaknya.

Kata kunci: kemasan, karakter kartun, anak-anak.

This article is taken from the Journal Dimensi, Fine Arts and Design, vol.6 No.2, February 2009. If you are interested and want the full article, contact the Editor of Journal  Dimensi, FSRD Univ. Trisakti, Campus A Gd.P Lt.2, Jl. Kyai Tapa No.1. Grogol Jakarta. 11440. Tel. 5663232, Ext. 8254-8255. Fax. 5636713.
e-mail: ganalrudi@yahoo.com or astuti_espe@yahoo.co.id

Tulisan ini diambil dari Jurnal Dimensi, Seni Rupa dan Desain, Vol.6 No.2, Februari 2009. Bila Anda tertarik dan menginginkan tulisan lengkapnya, dapat menghubungi Redaksi Jurnal Dimensi, FSRD Univ. Trisakti, Kampus A Gd.P Lt.2, Jl. Kyai Tapa No.1. Grogol Jakarta. 11440. Telp. 5663232, Pes. 8254-8255. Fax. 5636713.

e-mail: ganalrudi@yahoo.com atau astuti_espe@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s