Mobile Advertising

Posted on Updated on

Portal Mobile Advertising

Swalayan Pertama di Dunia


Kompas – Kamis, 15 Juli

Portal Mobile Advertising Swalayan Pertama di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com – Makin maraknya tren pemanfaatan mobile advertising digarap serius Indosat dengan meluncurkan layanan i-klan Store bersama anak perusahaannya Indosat mega Media (IM2). I-klan Store diklaim sebagai portal mobile & internet advertising swalayan (self service) pertama di dunia.

“Dengan adanya i-klan Store, baik agency, pemasang atau calon pemasang iklan, maupun pelanggan bisa memperoleh informasi dan melakukan semua transaksi berkaitan dengan i-klan secara online secara lebih praktis dan efisien,” ujar Teguh Prasetya, Group Head Value Added Service Marketing Indosat dalam siaran persnya, Rabu (14/7/2010). Transaksi pembayaran pun dapat dilakukan di i-klan Store, melalui alat pembayaran yang bisa dipilih, yaitu kartu kredit, paypal, debet rekening, iPay dari IM2, dan Dompetku (pembayaran dengan pulsa Indosat).

Layanan ini dapat diakses via ponsel lewat ke http://www.indosat.com/i-klan atau http://www.iklanstore.net. Berbagai transaksi melalui i-klan Store ini antara lain memilih inventory (kelompok yang akan disasar pemasang iklan), memilih kanal i-klan yang akan digunakan untuk pengiriman content i-klan, melakukan kampanye iklan, melakukan transaksi pembayaran, hingga mengikuti tender, mengecek informasi, menerima laporan secara online dan sebagainya.

Media beriklan melalui ponsel atau mobile advertising di beberapa negara saat ini sudah mulai digemari, karena lebih praktis dan tepat sasaran. Iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai dengan target market pemasang iklan. Pemasang iklan pun bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke pelanggan yang ada di suatu wilayah tertentu, dengan target umur, pendidikan atau jenis kelamin tertentu.

Selama ini, i-klan telah menjadi sarana iklan alternatif dari media iklan konvensional seperti media cetak, radio atau televisi. Saat ini, pelanggan Indosat yang berlangganan i-klan mencapai 1,5 juta, sedangkan pelanggan yang mengakses namun tidak berlangganan i-klan berjumlah sekitar 16 juta. Keuntungan yang diterima pelanggan dengan berlangganan i-klan adalah mendapat poin apabila iklan muncul di layar ponsel pelanggan. Poin yang diberikan kepada pelanggan atas penerimaan iklan bernilai sebesar 50 rupiah yang dapat diakumulasikan dan ditukar dengan pulsa Indosat dan merchant.

Selain meluncurkan i-klan Store, Indosat juga menambah kanal i-klan untuk melengkapi media delivery channel mobile advertising yang telah dimiliki sebelumnya, yaitu text messaging (SMS). Tambahan media channel delivery yang baru adalah MMS, WAP banner dan icon, insertion text on UMB, USSD dan UMB Push, ring back tone dengan iklan, paket perdana khusus i-klan, dan Utones (pop up tampilan gambar iklan dalam format GIF animation yang muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada pesan atau panggilan telepon masuk). Selain itu, channel delivery i-klan yang terbaru adalah game/application wrapped ads (games/aplikasi tak berbayar yang bisa diunduh melalui http://indosat.24mas.com yang juga sudah tersedia pada beberapa handset bundling Indosat dengan mitra). Sedangkan kanal media yang tersedia di i-klan Store adalah Messaging Advertising (MMS, SMS,UMB, USSD), Voice Application (RBT), Mobile Application (Pop-screen, Java Appl.) dan Banner (WAP dan WEB).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s