Tiga Elemen Penting dalam Pembuatan Film

Posted on Updated on

Tiga Elemen Penting dalam Pembuatan Film

Republika, Sabtu 4 Juni 2011

"The Exorcist". (antara.co.id)

Setiap film diciptakan dengan aspek teknis seperti  soal pencahayaan sampai angle. Sulit membayangkan sebuah film bisa bertutur sempurna tanpa dukungan pencahayaan, pemilihan angle, hingga gaya film itu sendiri.

Mau tahu elemen apa saja yang memengaruhi pembuatan film?  Dalam lokakarya yang digelar di studio Oktagon, Amos Ezra  Katz, seorang pengajar mata kuliah sinematografi di New York University Tisch Asia School  or The Arts memaparkan sejumlah aspek teknis tersebut. Berikut sejumlah elemen terpenting itu: gambar, gaya dan cahaya.

1.       Gambar

Gambar atau lazim disebut shot  adalah elemen paling utama dalam sebuah film. Rata-rata terdapat 300 hingga 400 shot dalam satu film.  Amos mengatakan, film diceritakan lewat gambar-gambar itu.

Setidaknya ada tiga macam shot yang umum digunakan:  wide shot, close up dan medium shot. Soal pilihan shot, Amos mengatakan,  pilih dengan cermat shot apa yang mau dipakai. “Chose and earn your shot (Pilih dan buat pilihan gambarmu),” ucap Amos.

2.       Gaya

Ada dua macam gaya membuat film;  gaya formal dan natural.  Gaya formal lazim dilihat di film-film klasik Dalam gaya formal, setiap setiap gambar diatur dengan penuh pemikiran. Komposisi juga begitu.

Sedangkan gaya natural mengingatkan penonton pada film documenter. Gayanya lebih santai. Setiap gambar diatur tidak teratur. Kamera bias dengan bebasnya bergerak-gerak mengikuti subjek.

3.       Pencahayaan

Dalam dasar membuat film dikenal tiga titik pencahayaan atau three point lighting.  Lampu yang  paling terang diletakkan di satu sisi bagian  depan. Lampu ini disebut key lighting. Lampu kedua berada  di belakang subjek yang disebut back lighting. Sedangkan, lampu ketiga ditaruh di bagian depan sederet dengan key lighting. Lampu ketiga ini diberi nama fill lighting.

Pencahayaan membantu  warna dan nuansa pada gambar. Rasio dari pencahayaan kemudian  bias dibawa untuk menentukan apakah gambar yang diambil bertema drama atau komedi romantic atau horror.

Pencahayaan mendramatisir suasana. "Friday the 13th." (www.tempointeraktif.com)
Close up. Memperlihatkan ekspresi wajah. "Matrix Revolution." (www.myfreewalpapers.net)

One thought on “Tiga Elemen Penting dalam Pembuatan Film

    Adam Kurniawan said:
    4 Juni 2011 pukul 1:20 pm

    Bagus blognya sob.
    Postingannya juga bermanfaat.
    Terus berkarya ya, berbagi itu Indah🙂

    Ditunggu kunjungan baliknya ya sob, jangan lupa tinggalin jejak di postingan saya ya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s