Tugas Akhir, Kiat Menghadapi Ujian TA

Posted on Updated on

Ujian TA DKV, Bagaimana Kiat Menghadapinya?

Untuk Para Peserta Sidang Ujian TA DKV,  FSRD Usakti

Arsip TA DKV

Sidang UjianTA DKV akan diselenggarakan bulan Juli 2012 yang akan datang

Yang namanya ujian, biasanya menimbulkan ketegangan yang bisa mengganggu konsentrasi, apalagi ujian tugas akhir. Tapi gak masalah, ada kiatnya untuk menghilangkan ketegangan tersebut:

Petama, Anda  harus yakin bahwa semua meteri penulisan “Pengantar Tugas Akhir” dan konsep perancangan visualnya telah Anda kuasai, karena telah Anda geluti selama sekian bulan dengan bimbingan PU dan PP. Apalagi kalau sering asistensi, Itu modal utama, jadi tenang saja.             

Kedua, Anda mengetahui  apa yang akan Anda alami pada sidang ujian nanti. Tulisan ini memberikan gambaran pada Anda bagaimana proses berlangsungnya sidang ujian tugas akhir tersebut dan saran apa yang sebaiknya Anda lakukan.

  1. Buat catatan kecil berisi pokok bahasan yang akan Anda sampaikan pada presentasi di depan penguji. Waktu yang diberikan singkat, sekitar 7 sampai 10 menit.Kemukakan latar belakang atau alasan Anda memilih topik yang Anda buat, apa masalahnya sehingga perlu dibuat suatu rancangan visual kampanye/promosi/desain ulang/buku dsb, tujuan, sasaran konsep perancangan dll. yang Anda anggap perlu. Adakan latihan di rumah,  sambil cek lama waktu presentasi.
  2. Datanglah lebih awal, minimal satu jam sebelum  sidang ujian dimulai.  Mengapa? Anda punya kesempatan untuk memeriksa ulang kelengkapan   display Anda sebelum ruangan display ditutup.  Mungkin Anda masih ingin menambahkan sesuatu, atau mungkin ada pajangan yang miring/lepas tertiup angin. Bila menggunakan alat elektronik cek ulang kabel dan aliran listriknya.
  3. Sidang ujian biasanya dimulai pukul 08.30 – 09.00.
  4. Kenakan pakaian yang rapi dan sopan (formal). Untuk pria berdasi. Bila memungkinkan, ada baiknya bila pakaiannya disesuaikan dengan topiknya, misalnya topik promosi wisataToraja pakaiannya ada unsur Torajanya. Atau warna pakaiannya (wanita) disesuaikan/matching dengan warna dominan displainya. Ini Cuma saran, biar meriah.
  5. Tunggulah dengan tenang di ruang tunggu sampai Anda dipanggil panitia TA.
  6. Setelah dipanggil, sebelum masuk ruang sidang, Anda akan diminta mengisi daftar hdir.
  7. Masuk ruang sidang dengan penuh percaya diri  (materi penulisan dan perancangan telah Anda kuasai, berpikiran positip bahwa semua penguji berniat baik), langsung menuju  tempat display Anda, ambil tempat di sisi meja display, boleh duduk bila disediakan kursi. Tunggu, istirahat sambil menenangkan hati dan pikiran. Kehadiran PU dan PP akan menambah semangat Anda.
  8. Sebelum sidang dimulai Anda akan diminta untuk membagikan buku Pengantar TA kepada beberapa penguji (tidak kepada PU dan PP).
  9. Sidang ujian dibuka oleh PU/PP sebagai pimpinan sidang, mempersilahkan Anda untuk mengadakan presentasi selama 7 – 10 menit.
  10. Silahkan Anda mempresentasikan karya TA Anda dengan suara yang jelas (maklun di antara penguji ada yang sudah sepuh, kurang pendengarannya, termasuk penulis, he he heee). Jangan lupa buka presentasi dengan ucapan salam: “Selamat pagi/siang” atau “Assalamu alaikum ….” Kemukakan latar belakang/alasan mengapa Anda membuat karya TA ini (lihat butir 1 di atas), dilanjutkan dengan menjelaskan perancangan beberapa items utama sehubungan dengan konsepnya, apa yang ingin Anda sampaikan pada sasaran dengan visual yang Anda buat. To the point, jangan bertele-tele.
  11. Selanjutnya, pimpinan sidang akan mempersilahkan penguji untuk mengajukan pertanyaan dan Anda dipersilahkan memberikan jawaban.  Silahkan berargumentasi, tapi jangan ngotot, bila penguji tidak dapat menerima jawaban Anda. Anda terima sebagai masukan berharga buat Anda.
  12. Bila para penguji merasa puas biasanya sidang tidak berlangsung lama.
  13. Sidang ditutup oleh pimpinan sidang dan akan mempersilahkan Anda untuk menyampaikan sesuatu yang mungkin ada yang ingi Anda sampaikan. Diakhiri dengan (misalnya) ucapan terima kasih telah diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya TA, terima kasih atas bimbingan PU/PP, apa yang telah disampaikan ibu/bapa penguji menjadi masukan berharga. Salaman dengan para penguji sebelum meninggalkan ruangan (Laptop atau barang berharga lainnya langsung bawa/jangan ditinggal, ilang bukan tanggungan panitia).

Nah, selamat ujian dan sukses. Insyaallaah.

Foto-foto di bawah ini menunjukkan suasana saat ujian.

Ujian TA DKV, FSRD Usakti 2011
Ujian TA DKV, FSRD Usakti 2011
Suasana sidang Ujian TA
Suasana sidang Ujian TA
TA tentang Jaz dilengkapi permainan musik jaz, boleh jug ... (fot.ap304)
TA tentang Jaz dilengkapi permainan musik jaz, boleh jug … (fot.ap304)
Suasana sidang ujian TA  (Fot.ap304)
Suasana sidang ujian TA (Fot.ap304)

Suasana sidang ujian TA. (Fot.ap304)
Suasana sidang ujian TA. (Fot.ap304)
Salahsatu gaya presentasi (Fot.ap304)
Salahsatu gaya presentasi (Fot.ap304)
Poster TS. Karya Marlene

Nah, bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah tulisan ini ada manfaatnya atau tidak? Apakah perlu dimuat bila menghadapi waktu ujian TA? Ada kurangnya? Apa ada yang perlu ditambah?  Ditunggu komentar Anda, makasih …

2 thoughts on “Tugas Akhir, Kiat Menghadapi Ujian TA

    Ldx said:
    16 Agustus 2011 pukul 6:46 pm

    wah … makasih pak Gandjar di kasih kisi2nya … untuk menghadapi sidang nanti … tgl 18 besok ..

    hiiii seremmm … !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s