Arsitektur

Posted on Updated on

Weisman Art Museum

Arsitektur Dekonstruksi

Weisman Art Museum

Bentuk museum yang nampak unik ini. Weisman Art Museum,  dibangun pada tahun 1934 di kampus University of Minnesota.  Museum ini menyajikan berbagai macam karya seni yang awalnya dikumpulkan oleh Frank Gehry dan Frederick R. Weisman.   Gehry  adalah salah seorang arsitek yang dikenal terbaik saat itu, merancang bangunan museum tersebut.  Sedangkan Weisman dikenal sebagai dermawan terkenal bidang seni.

Koleksi tetap museum mencakup lebih dari 17.000 karya seni.  Selain menjadi museum publik, juga berperan sebagai salah satu pusat pembelajaran utama untuk seni, menawarkan berbagai macam program yang menggunakan seni sebagai media, untuk menulis kreatif, berpikir kritis, dan latihan observasi serta forum publik.

Situs resmi museum memiliki daftar terbaru dari program-programnya, kelas, lokakarya, dan pameran.  Sumber belajar yang disediakan oleh museum tidak hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk umum, untuk  keluarga dan para pendidik yang tertarik dengan masalah seni.

Weisman Art Museum ciptaan Frank Gehry ini adalah bangunan empat lantai dengan sekitar 11.000 meter persegi ruang galeri. Bangunan Weisman terbuat dari stainless steel yang disikat dan terakota berwarna bata. Bangunan, di kampus University of Minnesota ini, secara dramatis terletak  di sebuah tebing yang menghadap ke Sungai Mississippi. Bukan main!

Weisman Art Museum
Weisman Art Museum

Arsitektur Dekonstruksi

Bentuk bangunan yang aneh, yang nampak semrawut tak beraturan, simpang siur dan tidak lazim  ini adalah suatu perwujudan dari suatu  aliran arsitektur yang disebut arsitektur dekonstruksi.  Tokoh yang pertama kali mengenalkan  dekonstruksi pada dunia adalah Jacques Derrida  pada sebuah symposium dunia arsitektur di London tahun 1988. Arsitektur dekonstruksi dilandasi konsep filosofi dekonstruksi, filosofi anti kemapanan.

Dalam dunia arsitektur, faktor utama penunjang berdirinya sebuah bangunan adalah konstruksi dan nilai estetika atau penggabungan antara seni, sains dan perhitungan. Filosofi anti kemapanan  yang dianut arsitektur dekonstruksi membuat  bangunan dekonstruksi  cenderung  terlihat aneh, tidak lazim.  Dan ….. Frank O. Gehry adalah salah seorang arsitek penganut dekonstruksi.

Di bawah ini saya sajikan tulisan Ulfi Candra Rini tentang arsitektur dekonstruksi yang saya cuplik dari blognya  fhy13.ngeblogs.com.

Weisman Art Museum

Arsitektur dekonstruksi merupakan suatu pendekatan desain bangunan yang merupakan usaha-usaha percobaan untuk melihat arsitektur dari sisi yang lain. Derrida mengembangkan konsep dekonstruksi kedalam berbagai eksperimen yang mengekspresikan ciri kebebasan retorikal atas struktur komposisi formal. Pandangan dekonstruksi lahir dari suatu atmosfir yang berlandaskan pada konsep “filosofi-anti kemapanan”.

Ciri-ciri Arsitektur Dekontruksi :

–          Penampilan bidang-bidang simpang siur

–          Garis-garis yang tidak beraturan

–          Keseluruhan struktur seperti runtuh

–          Dekonstruksi membawa bentuk-bentuk geometri yang cenderung berbentuk “aneh”. Hal ini disebabkan oleh adanya pembatasan penerimaan keabsolutan terhadap keaslian bentuk-bentuk geometri yang selama ini dikenal.

Salah satu Arsitek terkenal yang menganut Arsitektur Dekontruksi adalah Frank O. Gehry. Contoh karyanya adalah Weisman  art museum dan  Der Neue Zollhof. Weisman art museum berlokasi di Minneapolis, Minnesota dekat dengan sungai missisipi. Ciri dari Arsitektur Dekontruksi yang dapat jelas dilihat adalah Gehry menggunakan bentuk-bentuk yang sangat tidak lazim pada bangunan ini. Dan dapat dilihat dengan kemampuan imajinasi, Weisman art museum seakan-akan dapat berbicara dan mengungkapkan sesuatu kepada yang melihatnya. Dengan bentuk yang tidak lazim dan gaya expressionist modern, Frank Gehry telah menunjukkan sisi dekonstruksi dari Weisman art museum. Akan tetapi, esensi sebuah karya arsitektur dekonstruksi bukanlah dari bentuk, akan tetapi lebih kepada makna dibaliknya.

Weisman Art Museum

Der Neue Zollhof berlokasi di tepi sungai Rheine di daerah publik yang berskala urban, Dusseldorf, Germany. Unsur simpang siur yang menjadi salah satu ciri dari arsitektur dekonstruksi masih nampak jelas . Penampilan bentukan 3 dimensi membuat eksistensi bangunan ini sebagai bangunan yang berlanggam dekonstruksi tampak nyata. Permainan bidang – bidang menjadi salah satu pemicunya.

Dekontruksi dikukuhkan pada International Symposium on Deconstruction, diselenggarakan oleh Academy Group di Tate Gallery, London, 8 April 1988. Setelah itu diselenggarakan Pameran Deconstructivist Architecture di Museum Of Art, New York 23 Juni-30 Agustus 1988

Der Neue Zollhof
Der Neue Zollhof
Der Neue Zollhof

Seperti mau runtuh …….. heheheeee.

Sumber:  http://www.cityprofile.com,   fhy13.ngeblogs.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s