Metamorfosa

Posted on Updated on

METAMORFOSA

Oleh: Gandjar Sakri

Membuat inbetween

Membuat inbetween

Metamorfosa adalah proses perubahan bentuk atau wujud fisik dari bayi menjadi dewasa yang terjadi pada beberapa jenis binatang, seperti ulat bulu melalui kepompong menjadi dewasa berupa kupu-kupu, berudu atau kecebong berubah wujud menjadi anak katak yang berekor sebelum menginjak dewasa menjadi katak sempurna.

Dalam mata kuliah Film Animasi di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Univ. Trisakti, dikenal pula istilah metamorfosa.  Di sini, istilah tersebut (atau dikenal pula dengan istilah transformasi)  merupakan proses perubahan bentuk yang terjadi secara bertahap dari bentuk awal menjadi wujud akhir yang berbeda. Misalnya dari bentuk kodok perlahan-lahan berubah wujud menjadi VW kodok, atau dari bentuk sebuah kursi berubah menjadi wujud seekor kuda. Bisa juga dari rupa daun bergerigi menjadi seekor monster yang mengerikan, bahkan ada kemungkinan dari  wujud tertentu menjadi suatu sosok entah apa, tergantung dari kreativitas mahasiswa.

Proses pembuatan metamorfosa diawali dengan membuat gambar awal, misalnya bentuk kursi, yang disebut key position 1 atau key frame 1, diakhiri dengan gambar terakhir, misalnya bentuk kuda, yang disebut key position (misalnya) 20 atau key frame 20 (kalau jumlah keseluruhan gambar / frame = 20). Di antara key position 1 dan key position 20 terdapat rangkaian gambar, yang perlahan-lahan berobah dari posisi 2 sampai dengan posisi 19, sebagai gambar di antara dua posisi, disebut inbetween.

Praktek pembuatan metamorfosa penting dialami mahasiswa sebelum mereka membuat film animasi. Tugas ini dilaksanakan secara kelompok untuk mendekati kenyataan bahwa karya film adalah hasil kerja kelompok. Dikerjakan secara manual untuk melatih ketelitian, ketekunan, ketrampilan.

Mengapa tugas metamorfosa ini penting? Karena dalam proses pengerjaannya terdapat beberapa unsur  yang sangat diperlukan pada pembuatan film animasi, ialah nsur  imajinasi, kreativitas, ketelitian/kecermatan, kesabaran, ketrampilan, kekompakan/ kerjasama dalam kelompok. Proses pengerjaan metamorfosa diharapkan dapat merangsang timbulnya atau berkembangnya unsur-unsur tersebut.

Mengawali tugas pembuatan metamorfosa, diperlukan kemampuan berimajinasi/ berkhayal dari bentuk apa menjadi wujud yang bagaimana, dibuatlah key position awal dan key position akhir. Selanjutnya dibuat inbetween dari posisi awal ke posisi akhir. Dalam pembuatan inbetween ini diperlukan kecermatan/ketelitian dan kreativitas, merobah-robah gambar secara apik sehingga gerak perobahannya halus, tidak nampak meloncat-loncat. Pengerjaannya secara menjiplak dilakukan di atas meja kaca berlampu (tracing table) dan karena jumlah inbetween yang banyak tentu saja diperlukan ketekunan dan kesabaran. Di sini diperlukan unsur kekompakan dan kerjasama anggota kelompok. Setiap anggota kelompok punya peran dalam pengerjaannya.

 

Contoh tugas Metamorfosa dari Kelompok Ketela-Pohon lihat di Komentar

8 thoughts on “Metamorfosa

    Baskoro Aji Cahya said:
    18 Oktober 2012 pukul 2:14 pm

    fotonya keren – keren..!! Multimedia asssiiik..

    -Baskoro- (Ketela Pohon)

    Baskoro Aji Cahya said:
    18 Oktober 2012 pukul 2:15 pm

    filmnya di upload juga pak..🙂

    Baskoro Aji Cahya said:
    18 Oktober 2012 pukul 2:21 pm

    nii file film metamorfosa kita pak..🙂
    enjoy watching.

    Gandjar Sakri responded:
    22 Oktober 2012 pukul 4:44 am

    Wooow asyiik, terus kembangkan. Nanti kita bikin film animasinya.Ditinggu dari kelompok lainnya ……..

    Dimas Riswandika said:
    24 Oktober 2012 pukul 6:55 am

    nanti kita bikin film animasi setara ama hollywood pak!

    Baskoro Aji Cahya said:
    27 Oktober 2012 pukul 9:38 am

    bollywood aja, ada nari nari sama slayernya..

    Gandjar Sakri responded:
    30 Oktober 2012 pukul 1:24 pm

    Mau holliwood, bollywood, plywood, seafood, bang Mahfood, no problem, yang penting make it very good-lah …

      Baskoro Aji Cahya said:
      11 November 2012 pukul 8:55 am

      hhahha okey pak.. doakan kita yang terbaik lah yaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s