Pengalamanku Mengajar pada Awal Berdirinya FSRD Trisakti

Posted on Updated on

Pengalamanku Mengajar

pada Awal Berdirinya FSRD Trisakti

Gandjar Sakri·

Aku mulai bertugas mengajar di FSRD (waktu itu berupa Departemen Seni Rupa dari Fakultas Teknik) tahun 1974 sebagai Dosen Tidak Tetap. Penugasan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Trisakti, Ir. Poedjono Hardjoprakoso, dengan SK No.266/FT/Usakti/KP-R/X-1974/._ Tanggal 10 Oktober 1974, atas usulan Ketua Departemen Seni Rupa Drs. Pamudji Suptandar No. 072/SR/FT/Usakti/V-74. Tanggal 13 Mei 1974.

Departemen Seni Rupa dimulai ketika pada tahun 1969 Fakultas Teknik Universitas Trisakti membuka Departemen baru yaitu Departemen Seni Rupa, dengan kepala Departemennya Drs Soekarno. Departemen Seni Rupa memiliki tiga Spesialisasi Keahlian yaitu: Arsitektur Interior, Desain Industri, dan Seni Lukis dengan status “Terdaftar”. Baru pada tahun 1978 menjadi Jurusan Desain masih dalam lingkup Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Watu itu aku adalah Perwira TNI Angkatan darat, Wajib Militer, berpangkat Kapten, berdinas di Pusat Penerangan HANKAM, sebagai Kepala Biro Produksi yang menangani informasi tercetak, TV dan film, bertempat di kompleks Dep. HANKAM Jl. Merdeka Barat. Aku mengajar sore hari, berangkat dari kantor naik jeep masih berpakaian militer, sebelum ke kelas berganti pakaian, mengenakan kemeja sipil masih bercelana hijau.

Mata kuliah yang harus aku ajarkan, dalam surat tugas tercatat: Desain Grafis II, III, IV dan Seni Grafis IV. Aku tidak ingat apa yang dimaksud dengan itu semua, tapi yang aku ajarkan saat itu adalah mata kuliah Menggambar Ilustrasi, Tipografi (Waktu itu istilahnya Lettering) dan Fotografi. Aku tidak tahu persis di mana letak ruang kuliah waktu itu sebelum dibongkar. Ada yang mengatakan kira-kira di tempat toko Gunung Agung sekarang.

Waktu memberikan kuliah aku pernah dipantau oleh Bapa Drs. Eddy Kartasubarna , dosen dari Seni Rupa ITB, guru aku juga ketika masih kuliah. Beliau bertindak sebagai Pembina, bersama Drs. Sadali dan Drs. Angkama. Selama mengajar beliau duduk di kursi paling belakang. Pemantauan dilakukan mungkin untuk mengetahui apakah pembelajaran disampaikan sesuai persyaratan? Alhamdulillah aku tidak pernah mendapat teguran atau koreksian.

Mata Kuliah Menggambar

Mata kuliah yamg aku pegang, pertama adalah mata kuliah menggambar. Bagi saya, menggambar adalah suatu proses penuangan hasil pengamatan suatu obyek dalam bentuk visual pada permukaan bidang gambar, baik pengamatan terhadap suatu obyek yang nyata maupun yang tidak nyata, yang ada dalam pikiran, seperti ingatan atau khayalan. Penuangan hasil pengamatan tersebut dibarengi penerjemahan ke dalam bahasa gambar trtentu, apakah gaya naturalis/fotografis, realis, dekoratip, kartun/karikatur, lambang, abstrak dsb. Atau dibarengi penafsiran sehingga menghasilkan gambar yang bernuansa filosofis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s